Disnakerintrans Gelar Kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Tenaga Kerja Produktif

Dalam era digital dan revolusi industri 4.0 sudah harus menyiapkan calon tenaga kerja yang mampu bersaing secara positif dengan dunia luar sehingga dalam upaya mencari dan mendapatkan suatu pekerjaan dapat dengan mudah sesuai kompetensi yang dimilikinya. 

Untuk itu Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bidang Tenaga Kerja melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Mengemudi Kendaraan Roda Empat kepada Tenaga Kerja Produktif Tahun 2019, di Aula Rapat Losmen Merpati,  21 Juli s.d. 5 Agustus 2019. Tujuan ini adalah melatih calon tenaga kerja menjadi terampil, mandiri dan produktif.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu Drs. Abdul Karim, M.Si. mengapresiasi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Produktif Tahun 2019.

Abdul Karim juga berharap dan berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dari awal sampai selesai agar apa yang diharapkan dapat terwujud terutama menjadi calon tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan mampu bersaing. 

Selain itu Abdul Karim berharap para peserta mendengarkan apa yang disampaikan oleh narasumber ataupun instruktur terkait materi-materi pembelajaran sehingga lebih mudah memahami pada saat kegiatan praktik mengemudi kendaraan roda empat nantinya.

 

 

Selain itu, menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia calon tenaga kerja merupakan langkah yang harus dilakukan agar calon tenaga kerja punya nilai jual tinggi dalam mendapatkan posisi jabatan dalam pekerjaan mereka nantinya. Memiliki keterampilan khusus merupakan sasaran dalam dunia kerja sekarang ini, sehingga setiap calon tenaga kerja tidak hanya mampu dalam hal kognitif berupa nilai tetap dalam ijasah tertentu namun juga harus memiliki kelebihan dalam unsur psikomotrik berupa keterampilan kerja.

Adapun tujuan dari kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja Produktif adalah untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Sedangkan hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain:

 

 

  1. Tenaga kerja yang dilatih mampu mandiri dan produktif.
  2. Sumber daya manusia mampu bersaing dengan kebutuhan pasar.
  3. Tenaga kerja memiliki kemampuan untuk berkompetisi dalam mengembangkan dan mengelola potensi sumberdaya lokal.
  4. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin kuat, karena mengikutsertakan masyarakat
    langsung dalam proses pembangunan tenaga kerja produktif dan terampil.