Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Tekankan Pentingnya Program Kesehatan Keluarga

Upaya pemberdayaan masyarakat melalui program kesehatan keluarga terus diintensifkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk itu, Rabu (17/7/2019) dilaksanakan pertemuan evaluasi program kesehatan keluarga di Aula Bank Kalbar cabang Putussibau.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Ade Hermanto, S.KM mengungkapkan, upaya pemberdayaan masyarakat melalui program kesehatan keluarga itu sangat penting.

“Agar timbul kepedulian dan peran aktif masyarakat, terutama untuk mengatasi penyebab kematian maternal dan neonatal,” ungkap Ade Hermanto.

Adapun penangan kasus kematian ibu oleh Dinas Kesesehatan Kapuas Hulu diwilayah tersebut dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan, hal ini ditunjukan dengan angka kasus kematian ibu di Kapuas Hulu setiap tahunnya yang terus menurun.

“Bahkan AKI (angka kematian ibu) di Kapuas Hulu lebih rendah dari AKI Kalbar,” ucap Ade Hermanto.

Kendati demikian, Ade mengingatkan bahwa kasus kematian ibu harus menjadi perhatian serius, terutama antisipasi dini terhadap penyebab kematian ibu yang masih di dominasi oleh perdarahan. “Ini dilatarbelakangi karena keterlambatan mengenal tanda bahaya ditingkat masyarakat dan keluarga,” pungkas Ade Hermanto.