Cegah Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Untuk menekan terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kapuas Hulu,  Dinas Kesehatan memberikan pelatihan PTM dan kesehatan kerja serta olahraga kepada pemegang program dari setiap Puskesmas yang ada di Bumi Uncak Kapuas. Pelatihan dilaksanakan diaula Dinkes Kapuas Hulu (15-16/07/19). 

Herberia Karosekali Kabid P2P Dinkes Kapuas Hulu mengatakan, penduduk Kapuas Hulu banyak mengidap PTM, salah satunya Hipertensi. 

“Untuk saat ini saja hingga Juni 2019, PTM paling tinggi ialah hipertensi dengan jumlah 15 ribu orang. Tapi kami perkirakan ada 47. 600 orang yang mengidap hipertensi, ” katanya.

Herberia mengungkapkan banyak faktor yang menyebabkan PTM seperti Hipertensi,  Diabetes Miletus dan penyakit lainnya sehingga penderitanya bertambah diantaranya karena pola makan, kurang olahraga dan kurang minum obat ketika diagnosa mengidap PTM.  

Lanjut Herberia, untuk menekan kasus PTM ini, maka dari itu pihaknya menekankan kepada Puskesmas khususnya pemegang program agar dapat terus menggalakan kepada masyarakat soal PTM ini seperti mengajak masyarakat hidup sehat yakni berolahraga, menjaga pola makan dan lainnya.  

Herberia mengatakan, untuk mengurangi PTM ini, pihaknya selalu menginformasi pada Puskesmas untuk menggalakan Posbindu PTM dan Posyandu Lansi.

“Kami pun mengimbau,  kepada masyarakat agar rajin memeriksakan kesehatan ke Puskesmas  dan ketika diagnosa PTM seperti Hipertensi agar masyarakat  rajin berobat,

“Biasanya masyarakat ketika merasa sudah sembuh dari hipertensi,  mereka itu malas untuk memeriksakan kesehatannya.