SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT ( SKM ) DI KECAMATAN JONGKONG

Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bidang Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan melakukan kegiatan pendataan dan  SKM (Survey Kepuasan Masyarakat) di dermaga Kecamatan Jongkong. Petugas dari dinas perhubungan menyebarkan kuesioner SKM  kepada masyarakat jongkong yang mengunakan jasa dermaga dan speed boat.

Responden dari hasil kuesioner yang disebarkan kemasyarakat adalah masyarakat menilai Dermaga di Kecamatan jongkong sudah sesuai namun sarana dan prasaran perlu ditingkatkan lagi demi menunjang kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Berdasarkan Permenpan No. 16 Tahun 2014, Survei Kepuasan Masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat.

Melalui survei ini diharapkan mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan serta mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan pengembangan melalui inovasi-inovasi pelayanan publik.

Survey Kepuasan Masyarakat harus dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik secara berkelanjutan sebagai dasar peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik dengan jangka waktu minimal 1 tahun sekali. Hasil survei tersebut kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui media massa, website, dan media sosial baik dalam bentuk skoring/angka absolut, atau dapat pula disajikan dalam bentuk kualitatif (baik atau buruk).