Tingkatkan pelayanan publik, RSUD dr Achmad Diponegoro Siapkan SDM Melalui Bimtek Penulisan Berita

RSUD dr. Achmad Diponegoro – Putussibau. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau menyediakan aplikasi pengaduan berbasis teknologi serta informasi dalam bentuk berita online.

Untuk mengoptimalkan fungsi website tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia.

Hal ini sejalan dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Penulisan Berita dan Pengelolaan Portal Berita, Selasa (18/6), bertempat di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu.

Staf Humas RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau, Nurhijria Maharani berharap setelah mengikuti bimtek, tulisannya lebih menarik lagi sehingga rating pengunjung website rumah sakit meningkat setiap harinya.

“Humas adalah ujung tombak pengelolaan informasi, dan saya perlu membekali diri dengan skill jurnalistik pemerintahan.” Ujar alumni S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak ini.

Kepala Dinas Kominfotik Kapuas Hulu, dalam kata sambutannya menyatakan, berangkat dari keterbukaan informasi, setiap OPD wajib menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Di masa kini, ketertarikan masyarakat membuka informasi dalam bentuk koran, bergeser kepada sifatnya menggunakan android ataupun laptop.” Tuturnya.

Ia mengatakan, sudah seharusnya untuk menyesuaikan dengan keinginan masyarakat. Jika tidak, maka akan ditinggal oleh masyarakat.

Fungsi dari OPD adalah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat. Sehingga kegiatan ini berangkat dari dua hal. Pertama, menjalankan amanat undang-undang. Kedua, sebagai pelayanan masyarakat dalam bidang informasi.

Dalam memberikan informasi berbasis teknologi, diperlukan SDM yang handal. Mulai dari memberikan pelatihan kepada kontributor bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar. Mendesain foto dan video yang menarik, setelah itu penetapan kontributor oleh SK Bupati, baru ke depannya dilakukan evaluasi akhir bulan.

“Harapan ke depannya, para kontributor berita diharapkan mampu membuat video animasi, supaya web tersebut lebih menarik dan tidak monoton. Secara teknis, info.kapuashulukab.go.id. akan dibuka melalui android.” Jelasnya. (Nurhijria)