PELATIHAN GEMA INPOSMA DESA KIRIN NANGKA KECAMATAN EMBALOH HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dalam Strategi Nasional ditegaskan bahwa pembangunan daerah transmigrasi merupakan upaya terencana untuk mengubah suatu wilayah yang dihuni oleh komunitas dengan berbagai permasalahan sosial, ekonomi dan keterbatasan fisik, menjadi daerah yang lebih maju. Pembangunan masyarakat transmigrasi tidak hanya meliputi pembangunan aspek ekonomi, tetapi juga aspek sosial, budaya dan keamanan.

Ada beberapa faktor yang membuat terhambatnya kemajuan kegiatan ekonomi di kawasan transmigrasi, antara lain masalah sumber daya manusia yang belum memiliki keterampilan dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia, kondisi lahan yang kurang subur dan keterampilan yang mereka miliki terbatas.

Kondisi tersebut di atas perlu adanya sebuah terobosan yang inovatif dari instansi yang terkait untuk memberikan solusi yang bermanfaat bagi warga transmigrasi. Bidang Transmigrasi yang selama ini membidangi masalah-masalah yang ada di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu mempunyai sebuah gagasan yaitu membuat sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di daerah transmigrasi.

Menurut Kepala Bidang Transmigrasi Windarta,S.Sos, sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia adalah dengan melaksanakan kegiatan Pelatihan Gerakan Massal Intensifikasi Lahan, Komposisi dan Pengendalian Hama (GEMA INPOSMA).

Pada Tahun 2018, Kegiatan Pelatihan GEMA INPOSMA ini dilaksanakan di UPT XIX Keliling Semulung pada hari Selasa tanggal 14 sampai hari Kamis tanggal 16 Agustus 2018.  Sehingga nantinya hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertanian bagi masyarakat di UPT XIX Keliling Semulung Desa Kirin Nangka Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu.

Dikatakan lebih lanjut oleh Kepala Bidang Transmigrasi tujuan dilaksanakannya Pelatihan Gerakan Massal Intensifikasi Lahan, Komposisi dan Pengendalian Hama (GEMA INPOSMA) antara lain adalah:

  1. Meningkatkan Kapasitas Sumberdaya Manusia di Bidang Pertanian dan Pangan;
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha produktif jangka pendek, menengah dan panjang;
  3. Memberikan motivasi dan membangun kerjasama antar transmigran dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru;
  4. Mampu menghasilkan pupuk kompos/organik sebagai pengganti pupuk kimia;
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan di permukiman transmigrasi.

Sasaran kegiatan tersebut kata Kepala Bidang Transmigrasi adalah:

  1. Tersedianya bahan baku pupuk olahan buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan dari limbah pertanian yang ada di lahan masing-masing transmigran sehingga mampu meningkatkan kesuburan lahan transmigran.
  2. Meningkatnya produksi hasil pertanian terutama pertanian organik.
  3. Meningkatnya kreatifitas, kualitas dan kuantitas usaha ekonomi transmigran di bidang pertanian dan perkebunan.

Pelatihan Gerakan Massal Intensifikasi Lahan, Komposisi dan Pengendalian Hama (GEMA INPOSMA) dihadiri oleh Kepala Bidang Transmigrasi beserta Staf, Perangkat Desa Kirin Nangka dan Tokoh Masyarakat Desa Kirin Nangka serta Transmigran UPT XIX Keliling Semulung (50 orang) sebagai peserta pelatihan.

Tenaga Pengajar, Instruktur dan Pengarah pada pelatihan berasal dari lintas sektoral dan staf Bidang Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu.

Materi pelatihan Gema Inposma adalah :

  1. Dasar Ketransmigrasian
  2. Kelompok Inti
  3. Intensifikasi Lahan Pertanian;
  4. Peningkatan Kapasitas Sumberdya Manusia melalui Kelembagaan;
  5. Kelembagaan Desa;
  6. Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura;
  7. Pengendalian Hama Penyakit Tanaman;
  8. Manfaat dan Teori Pembuatan Kompos;
  9. Praktek Pembuatan Kompos.

Proses belajar yang dilakukan dengan metode partisipatif dengan rincian :

  1. Kelompok Umum     : Ceramah dan tanya jawab
  2. Kelompok Inti           : Ceramah, Demontrasi, Peragaan dan Praktek.

Kepala Bidang Transmigrasi memberikan pesan kepada peserta pelatihan agar memperhatikan, menyerap pengetahuan, dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat guna tercapainya tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut.

(muslimin)

Berita Lainnya

Pelepasan Siswa/Siswi Kelas IX SMPN 01 Empanang

Sekretaris Kecamatan Empanang bapak Akuarius Medang, S.Pd dan Kasi Kesra Sema Yasinta, Amd.Kep menghadiri Undangan pelepasan siswa/siswi SMPN 01 Empanang. Kegiatan dilaksanakan

Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN

Camat Empanang Menghadiri Undangan dari PT.Buana Tunas Sejahtera, PT Sentrakarya Manunggal, PT Mandala Intan Jaya mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN. Dalam rangka

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy