Dinas Kesehatan Gelar Workshop Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dalam rangka mengingatkan kembali pentingnya pencegahan infeksi, khususnya pada fasilitas kesehatan tingkat pertama, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu menggelar workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi pada Pelayanan Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2019, Senin (22/4/2019) pagi. Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu tersebut menghadirkan dua narasumber dari rumah sakit Universitas Gajah Mada diantaranya dr. Tjahjono Koentjoro, MPH.,DrPH dan dr. Linda Kurniawati, MPH.

Upaya pencegahan dan pengendalian penyakit karena infeksi terus dilakukan pemerintah. Lantaran infeksi bisa menimbulkan masalah kesehatan, dari yang ringan hingga cukup serius.

Pada kesempatan tersebut dr. H. Harisson, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu menyampaiakan, diselenggarakannya workshop tersebut dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien di Puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di Bumi Uncak Kapuas.

“Selain itu juga dalam rangka mengimplementasikan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 27 Tahun 2017 tentang pedoman pencegahan dan penanggulangan infeksi di Puskesmas. Disitu banyak sekali langkah – langkah pencegahan infeksi yang harus dilakukan baik di rumah sakit maupun di Puskesmas,” kata Harisson yang juga pemateri pertama dalam workshop tersebut.

Untuk itu sambung dr Harisson, perlu adanya penekanan terhadap petugas kesehatan di Puskesmas, agar mereka nanti benar – benar melakukan pelayanan terhadap pasien sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan tersebut.

“Jadi jangan sampai nanti ada pasien kita yang terkena infeksi dari sebuah pelayanan itu,” tambahnya.

Lebih lanjut Harisson menyampaikan bahwa tingkat kasus infeksi di Kabupaten Kapuas Hulu memang cendrung menurun. Yang meningkat justru kasus non infeksi atau tidak menular, seperti stroke dan hipertensi. 

“Cuma memang infeksi ini harus terus kita tekan, jangan sampai lengkah lalu terjadi peningkatan kasusnya,” pungkas Harisson. (*)

Berita Lainnya

Pelepasan Siswa/Siswi Kelas IX SMPN 01 Empanang

Sekretaris Kecamatan Empanang bapak Akuarius Medang, S.Pd dan Kasi Kesra Sema Yasinta, Amd.Kep menghadiri Undangan pelepasan siswa/siswi SMPN 01 Empanang. Kegiatan dilaksanakan

Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN

Camat Empanang Menghadiri Undangan dari PT.Buana Tunas Sejahtera, PT Sentrakarya Manunggal, PT Mandala Intan Jaya mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN. Dalam rangka

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy