Sanggar Rajawali Lestarikan Rebana Melalui Pelatihan Untuk Anak Anak

Facebook
Twitter
LinkedIn

Laporan Kim Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid, Desa Nanga Suhaid terkenal dengan keindahan dalam berkesenian salah satunya adalah seni dalam memainkan rebana, Sanggar Rajawali dusun kampung masjid salah satunya.
Salah satu kegiatan positif yang di kembangkan di lingkungan warga dusun tersebut yaitu mengajak anak anak untuk mencintai seni budaya berupa seni rebana. Sanggar Rajawali menyediakan fasilitas tetabuhan Rebana sebanyak satu set.

Sejak terbentuknya Sanggar Rajawali pada Juli 2017 lalu, kegiatan berkesenian sanggar tersebut semakin nyata. Belasan anak remaja selalu hadir untuk berlatih menabuh Rebana sejak januari 2019 lalu. Dan lebih menariknya lagi, latihan tersebut dilakukan di Pondopo Dusun Kampung Masjid tepatnya dipesisir sungai kapuas, yang terjadwal dua kali dalam seminggu yaitu pada malam kamis dan malam minggu.

Paling tidak kehadiran anak anak di sanggar tersebut sudah memberikan sedikit sumbangan berarti dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap seni budaya.

Bujang Angguk selaku ketua sekaligus pelatih dari sanggar rajawali tersebut memberikan dorongan moral kepada anak anak untuk lebih mengenal dan memahami lagi pentingnya melestarikan seni budaya khusunya tetabuhan rebana. “saya berharap kegiatan ini  dapat memberikan dorongan positif bagi anak anak dalam mengenal seni budaya kita khususnya menabuh rebana”, ungkapnya ( 13/02/2019).

Bujang juga menambahkan, ” Kedepan kita berharap merekalah yang akan menjadi pengganti para tetua dalam menabuh rebana di berbagai kegiatan masyarakat . Dan ini merupakan salah satu upaya sanggar rajawali dalam melestarikan seni budaya khususnya seni rebana. Dan  pembinaan generasi muda sebagai penerus harus benar benar disiapkan dengan serius tapi tidak bisa secara instan, diperlukan waktu panjang agar anak anak terbiasa mengenal rebana. Dan ini terlihat anak anak semakin semangat berlatih menabuh rebana untuk meningkatkan keterampilan, agar di lain waktu mereka siap mempersembahkan untuk masyarakat” tutupnya.

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy